Selasa, 31 Januari 2017

Transformasi Digital bank BTN, "Gak Melulu Menyoal Masalah Terkait Perumahan"

Punya sebuah rumah, pasti adalah impian setiap individu manusia bukan??
bagaimana tidak, karena memang kewajiban seorang suami dalam keluarga yang diwajibkan untuk menafkahkan keluarganya, mulai dari sandang, pangan, dan papan.
Sayangnya, penghasilan yang selalu berbanding terbalik dengan harga "papan (tempat tinggal)" ini, menyebabkan sulitnya para suami untuk menafkahi bidang yang satu ini.
dan dampaknya, tentu adalah ketidakpastian akan tempat tinggal dimasa depan yang selalu menjadi momok menakutkan sepanjang harinya, apalagi dikala membayangkan nasib keluarganya pada masa depan. Untungnya, sejak tahun 1974 silam, pemerintahan indonesia sudah menyadari akan hal ini, yangmana pemecahan solusi dilakukan dengan cara dikeluarkannya kebijakan mengenai subsidi kepemilikan rumah melalui perbankan yang dipercayakan, sehingga para suami yang khawatir akan ketidakmampuannya menafkahi tempat tinggal untuk keluarganya, bisa dengan segera mengatasi hal tersebut dengan proses cicilan.


PT Bank Tabungan Negara (Bank BTN) adalah bank yang didirikan sejak tahun 1897 pada masa pemerintahan belanda, dulu nama bank ini adalah POSTSPAARBANK, namun dilakukan perubahan nama menjadi Bank Tabungan Pos (BTP) oleh pemerintahan Republik Indonesia ditahun 1950 atau 67 tahun silam, dan kembali dilakukan perubahan nama menjadi Bank Tabungan Negara (BTN) ditahun 1963.
Bank BTN adalah satu-satunya institusi yang diberikan kepercayaan untuk menyalurkan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) untuk golongan masyarakat menengah kebawah oleh Pemerintahan Indonesia melalui surat menteri Keuangan RI No.B-49/MK/1/1974 sejak tahun 1974 silam.
Setelah surat menteri keuangan diterbitkan, Bank BTN pun mengucurkan KPR pertama kalinya pada tahun 1976 untuk 9 unit rumah di Semarang, Jawa Tengah. Tak lama berselang, disusul pemberian KPR untuk 8 unit rumah di Surabaya.

Dari tahun ke tahun, perkembangan yang dialami oleh bank BTN sejatinya semakin membuahkan hasil, bagaimana tidak, penghitungan aset perusahaan ini pada kuartal Q3 2016  masuk dalam kategori terbesar ke-6 dari 10 perusahaan perbankan terbesar didunia yakni sebesar rp. 197.2 T loh!.
Hal ini tentunya mengindikasikan BTN adalah perbankan yang memiliki aset terbesar diindonesia.
Loncatan Laba bersih bank BTN semakin menanjak signifikan sejak dipercayakannya besaran subsidi untuk perumahan rakyat pemerintah indonesia melalui program "satu juta rumah" , selain itu, bank BTN juga memegang 97% pangsa pasar perumahan subsidi diIndonesia yang dihitung sampai Juni 2016 dengan total subsidi sebesar rp.178 T. Gimana, munafit banget kan bank BTN ini???.

Semakin berkembangnya sebuah perusahaan bukan berarti inovasi yang diberikan harus begitu-begitu saja!. Karena pada era zaman yang moderen ini, tidak mudah untuk meningkatkan peluang keberuntungan, menambah jumlah pelanggan, dan apalagi meningkatkan laba bersih perusahaan, mempertahankan pelanggan aja wong sulit kok.
Karena memang, pergeseran gaya hidup manusia yang sudah banyak bertransformasi menjadi era digital, dimana kebutuhan sehari-hari dan kemudahan adalah hal yang selalu jalan seirama. Ditambah, dua hal tersebut bisa dilakukan dan tersedia dalam genggaman kita. Kapanpun, dimanapun, siapapun, kini bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli ataupun transaksi perbankan.

dan tak mau ketinggalan tentunya, bank BTN terus melakukan banyak ekspansi transformasi perbankannya ke era digital yang tujuan tak lain adalah memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi perbankan, sehingga pengguna tak harus datang jauh-jauh kelokasi perbankan setempat untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Keseriusan bank BTN untuk memasuki dunia digital ini dinilai tak tanggung-tanggung, hal ini dibuktikan oleh diluncurkannya sebanyak 5 aplikasi mobile berbasis android dari bank BTN loh!. Yangtentunya setiap aplikasi mobile tersebut benar-benar memudahkan pelanggannya untuk mencari informasi, melakukan transaksi, mengajukan pinjaman, pembuatan akun pelanggan BTN, dan semua transaksi yang dilakukan sehari-hari bisa menggunakan aplikasi mobile besutan bank BTN ini. Jadi kita gak perlu kemana-mana bertransaksi perbankan ataupun bertransaksi online.

Apalagi, fitur keamanan transaksi online bank BTN yang sudah menerapkan fitur "3D secure" yang telah diverivikasi oleh VISA (Verified by Visa) semakin menjamin keamanan transaksi dan keamanan data nasabah, dimanah nasabah akan dikirimkan kode unik kenomor handphone setiap melakukan transaksi online, hal ini tujuannya adalah menjamin keamanan transaksi, bahwa yang melakukan transaksi tersebut adalah benar pelanggan / nasabah bank BTN tersebut, bukan oranglain. Dan kalau nasabah melakukan kesalahan input kode unik yang dikirimkan sebanyak 3 kali, secara otomatis fitur 3D secure pada kartu debit bank BTN kalian akan diblokir

Berikut daftar 5 Aplikasi mobile besutan bank BTN dalam dirancang dalam rangka transformasi bank BTN ke era digital :


  1. BTN INTERNET BANKING
    Aplikasi mobile ini terbilang aplikasi yang performanya mantab banget, futur yang ditanamkan juga terbilang lengkap yakni mulai dari : cek lokasi atm, cek promo bank BTN, mobile banking, sms banking, token mobile, dan call centre bank BTN dijadikan satupaket hemat dalam sebuah aplikasi.
  2. BTN MOBILE BANKING
    Aplikasi mobile yang satu ini ini adalah aplikasi mobile perbankan, dimana nasabah BTN bisa dengan mudah melakukan transaksi online, mulai dari transfer uang, bayar tagihan, bayar belanja online, beli voucer, pulsa, dll
    Keamanan transaksi diberikan juga lumayan mumpuni, dimana pelanggan harus memasukkan pasword untuk membuka aplikasi ini, dan setiap melakukan transaksi, nasabah juga diwajibkan mengisi pin yang sudah dibuat.
    Jadi mau transfer apapun, gak lagi dibutuhkan konfirmasi via token ataupun sms ke nomor hape, cukup pin dan masalah perbankan selesai.
  3. BTN DIGITAL SOLUTION
    Kalo aplikasi mobile yang satu ini, memudahkan para pengguna untuk mengetahui promo, event apa saja yang lagi tersedia dengan bank BTN, lokasi atm, berbagai informasi mengenai BTN properti (KPR, event dan promo KPR, dll), Pembuatan kartu debit suka-suka, call centre, E-banking (Sms banking, Internet banking & Mobile banking) sampai pembukaan rekening akun bank BTN bisa dilakukan secara online loh lewat aplikasi mobile doang loh!
  4. BTN SYARIAH MOBILE
    Aplikasi yang satu ini, adalah aplikasi mobile khusus untuk nasabah Bank Tabungan Negara Syariah (BTNS) yangmana Bank BTN syariahpun memiliki aplikasi mobile untuk menunjangn kemudahan dalam melakukan transaksinya kapanpun, dan dimanapun loh!
  5. BTN DAFTAR/BUKA REKENING TABUNGAN BTN
    Transformasi bank BTN ke era digital terbilang sangat cepat, melesat, menanjak dan gak kalah saing dengan bank lain loh!. Bayangin aja, sekarang kalian bisa buka tabungan bank BTN secara online, alias gak perlu antri untuk daftar menjadi nasabah bank BTN dan hal itu bisa kalian lakukan secara realtime atau saat itu juga loh!
  6. BTN PROPERTI MOBILE


    Kalo aplikasi mobile yang satu ini nih, adalah aplikasi satu-satunya yang memiliki fitur solusi mudah punya rumah. menyediakan pencarian berbagai properti dibanyak daerah, kalian bisa tau dimana aja lokasi proyek yang sedang dibangun, pengalaman pengembang propertinya, kualitas & sketsa bangunan dan tentunya juga harga properti tersebut. Selain itu, kalian bisa melakukan penghitungan  simulasi pembiayaan dengan kredit KPR bank BTN bahkan sampai PENGAJUAN KPR loh!
    beberapa fitur yang ditanamkan pada aplikasi BTN properti online ini antaralain :
    - Kemudahan pencarian & pemesanan properti
    - Kemudahan pengajuan aplikasi kredit
    - Update daftar properti terbaru dan terpopuler

Dengan bertransformasinya bank BTN yang gak hanya menyoal terkait perumahan melulu, kini udah tau kan, kalo bank BTN gak hanya bisa digunakan untuk KPR aja, tapi juga berbagai pembayaran elektronik yang bisa kamu lakukan secara online, dimanapun dan kapanpun.
Apalagi ATM debit bank BTN itu udah terverifikasi VISA, semakin mempermudah kita untuk belanja di berbagai situs luar dan dalam negri, karena kita gak butuh lagi yang namanya kartu kredit.

Selain itu, sejak dimulainya transformasi digital bank BTN ini, bank BTN juga bekerjasama dengan banyak e-commerce terkemuka diindonesia, yang taklain tujuannya adalah mempermudah pengguna melakukan pembayaran belanja onlinenya dan tentunya pelanngan merasa diuntungkan dengan diberikannya diskon khusus bagi pengguna kartu debit BTN. Beberapa program promo hasil kerjasama bank BTN dengan e-commerce bisa digambarkan pada gambar dibawah nih nih:


diskon gila-gilaan promosi bank BTN dengan berbagai e-commerce
kerjasama diskon antara bank BTN dengan berbagai e-commerce.


















PENGALAMAN MENGGUNAKAN MOBILE BTN

Sebagai nasabah setia bank BTN sejak 2011 silam, miminpun bakalan sedikit berbagi pengalaman terkait kemudahan menggunakan aplikasi mobile bank BTN ini, yang penggunaannya simple banget danjuga menunya ga banyak jadi gak bikin pusing.
Makadari itulah mimin "betah" dengan aplikasi perbankan mobile yang satu ini, dan selalu jadi andalan untuk melakukan berbagai berbagai pembayaran dan transaksi online yang mimin pakai sehari-hari. Mulai dari transfer uang, belanja online, bayar zakat online, cek saldo,beli pulsa, bayar listrik, dan banyak banget deh.
karena memang sejatinya bank BTN adalah perbankan utama yang mimin pakai mulai dari serah terima gaji bulanan, dan semua hal yang mencakup pembelian deh!

kemudahan cara pakai menggunakan aplikasi mobile BTN
cara menggunakan aplikasi mobile BTN
  1. Hal pertama yang harus kamu penuhi untuk menggunakan aplikasi mobile BTN adalah "DAFTAR" kalian bisa daftar ke kantor cabang BTN manapun atau bisa juga via ATM kok.
  2. Setelah daftar, kalian pastinya harus punya dooong aplikasi mobile BTN. atau kalo kalian belum punya, bisa download aplikasi mobile BTN via di google playstore
  3. Selama proses pendaftaran mobile BTN berlangsung, kalian akan dimintain nomor handphone yang menjadi identitas pengguna, nomor pin yang akan digunakan sebagai transaksi, danjuga akan didaftarkan pasword yang akan digunakan untuk membuka aplikasi mobile BTN di handphone kalian
  4. Setelah semua proses selesai, kalian bisa pakai deh aplikasi mobile BTN dihandphone kalian.Janganlupa, masukin dulu pasword yang udah didaftarkan agar kalian bisa masuk ke aplikasi mobile BTN dengan akun kalian.
    Disana kalian bisa melakukan berbagai macam transaksi mulaidari transfer uang, cek saldo tabungan, ubah pin, mencari info suku bunga dan kurs, cek 5transaksi terakhir, pembayaran telepon, pinjaman, listrik, tv berlangganan, kartu kredit, pembelian pulsa, isi saldo GO-JEK, dan banyak lagi deh!.
  5. Selain itu, diaplikasi mobile BTN ada fitur "INBOX" yang isinya adalah menyimpan bukti transaksi yang dilakukan lewat mobile BTN, jadi kita gak perlu cari file screenshoot satu-satu lagi dikirim kepenerima dana transfer. Karena semua data transaksi transfer-mentransfer uang udah tersimpan dengan rapih difolder "INBOX" ini.

Sekian artikelnya, semoga bermanfaat ya!

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon