Friday, June 27, 2014

cara mudah membuat septitank, kolam penyimpanan kotoran pada perumahan, gedung, kos-kosan, padat penduduk, toilet umum.

Septitank taupada kan?
itutuh tempat penyimpanan sementara yang nyaris selamanya untuk para kotoran atau para buangan dari perut2 buncit manusia termasuk kamuu pembaca yang letaknya selalu didalam tanah. kecuali mobil kebersihan berjalan ya yang baunya udah kaya toilet.
nih alasan kenapa pembuatan septitank itu harus dipersiapkan dengan matangsob

Septic tank yang salah akan berakibat tercemarnya tanah dan sumber air tanah oleh limbah dari septic tank itu sendiri. Hal ini disebabkan adanya bakteri yang berasal dari tinja dan sisa- sisa karbohidrat, protein, lemak, dan senyawa- senyawa lain. Limbah- limbah tadi akan terurai oleh mikroba pengurai limbah dengan enzimnya sehingga menghasilkan zat- zat seperti asam amonio, ammonia, nitrogen, hydrogen sulfide, metana, karbon dioksida, hydrogen, alcohol, asam organic dalam kondisi anaerobok. Sementara pada kondisi anaerobic protein dan nitrogen organikdiubah menjadi asam amino, nitrat, asam sulfur. Sedang alkohol dan asam organic diubah menjadi CO2 dan H2O (air).Dalam hal karbohidrat , maka akan diubah menjadi CO2, hydrogen, alcohol, asam lemak dan senyawa- senyawa netral dalam keadaan tanpa udara.


Secara umum, di alam ada 2 kelompok mikroba yakni yang membutuhkan oksigen (aerob) dan yang tidak membutuhkan oksigen (anaerob). Sifat mikroba itulah yang dipakai dalam system pengolahan limbah yang juga terbagi menjadi dua, system aerob dan system anaerob. System aerob bekerja sangat cepat tetapi membutuhkan energy, sedangkan system anaerob bekerja sangat lambat tapi menghasilkan energy. Sistem anaerob ini yang salah satunya diterapkan dalam pembuatan biogas.

Di dalam septik tank tidak ada suplai oksigen (anaerob), sehingga hanya mikroba anaerob saja yang bisa hidup. Itu sebabnya septik tank dibuat sedemikian tertutup rapat sehingga tidak ada oksigen yang bisa masuk. Jika ada oksigen yang masuk, terjadi kekacauan di dalam septik tank karena sebagian bakteri anaerob yang terkena kontak dengan oksigen mogok bekerja. Dan ketika itu terjadi, tahu-tahu septik tank mengeluarkan bau yang tidak sedap (bau tinja yang belum terolah).
Di dalam septik tank, mikroba mengeluarkan enzim dan enzim itulah yang mengolah limbah. Mereka bekerja sangat lambat namun pasti, pokoknya ga sebanding dengan pertumbuhan kotoran yang lu buang deh bahkan hingga berbulan-bulan sebelum limbah tersebut terurai sempurna. Pada situasi normal dalam 2 bulan, hanya 50% limbah yang dapat diuraikan dan dalam 5 bulan baru 80%. Dengan kata lain, jika kita buang air hari ini, hingga 2 bulan ke depan, kotoran kita baru 50% diolah.

airkotoran/ black water mempunyai komposisi kimia yang sangat kompleks sehingga dipakai konsep umum yang bisa menggambarkan tingkat polutan, salah satunya COD (Chemical Oxygen Demand). Yaitu banyaknya oksigen yang dibutuhkan agar bahan kimia yang ada terurai sempurna. Makin tinggi nilai COD, makin tinggi tingkat pencemarannya. Ini hanya dapat diukur di laboratorium. Blackwater memiliki nilai COD sekitar 10.000 (mg/L), limbah dari dapur mulai 500, air sungai di Jakarta ada di sekitar 50, air sungai di pegunungan 0. Untuk pusat-pusat perdagangan atau hotel, pemerintah mensyaratkan air limbahnya harus diolah hingga COD nya di bawah 80 sebelum dibuang ke sungai.

Hasil akhir pengolahan blackwater, salah satunya adalah biogas. Di dalam biogas sendiri ada metana (bahan bakar gas) sekitar 60%, dan karbondioksida sekitar 35%; Dan sisanya asam belerang dan amoniak yang menjadi sumber bau di septik tank. Sekali buang air, kita menyimpan potensi 1 liter biogas yang setara dengan tenaga listrik untuk menyalakan lampu 5 watt selama 1 jam. Tapi kenyataannya kan sebaliknya, biogas itu terbuang dan kita malah berkontribusi menyumbang gas metana yang menyebabkan bumi memanas.

Biogas ini memang harus segera dikeluarkan dari dalam septik tank agar tidak balik meracuni mikroba yang bekerja di dalamnya. Makanya di atas septik tank dibuat pipa udara yang biasanya berbentuk huruf T. Melalui pipa tersebut biogas dari dalam septik tank terlepas ke udara bebas. Jika tidak ada pipa udara ini akibatnya bisa sangat fatal. Biogas yang dihasilkan makin lama makin banyak, hingga suatu saat mencari jalan keluarnya sendiri melalui … ledakan.
Coba lihat berita di
Koran Republika dimana sebuah rumah di Jakarta hancur karena septik tanknya meledak.ga mau kan rumah lo jadi terkenal gegara ledakan septitank dengan foto dikoran banyak kotoran berhamburan disekitar rumah.

inget sob tanpa udara ya alias hanya bakteri anaerob yang bakalan hidup disana jadi jangan dikasih bibit lele apalagi bibit anak alias mani..hahaha kan hina banget kasian ya. dan kalo lu kreatif lo bisa konversi gas metana yang ada dalam septitank menjadi gas untuk mengasapi dapur lo sob.tapi ga jamin aroma kotorannya masih khas apa kaga ya

Secara umum si kolam septitank itu dikenal menjadi 2 type sob yakni

1. Type tertutup

Type Tertutup artinya 2 Kompartement atau ruangan dalam bak septic tank tertutup rapat dan hanya saluran untuk limbah air yang keluar type ini sering digunakan pada lahan yang sangat sempit sehingga limbah tidak akan mencemari sumber atau tandon air yang letaknya mungkin sangat dekat

2. Type terbuka type Terbuka ( sangat dianjurkan), adalah pembedanya pada bak pertama berupa bak tertutup dan pada bak kedua (resapan) dibuat terbuka pada dasar bak (tidak disemen) . hal ini dimaksud supaya limbah cairnya bisa langsung diserap ketanah. dan tentunya septitank tidak mudah penuh oleh si kotoran sob.




dan untuk jaman sekarang lo bisa milih type septitank yang mau lo pake mau portable, selamanya sekali buat, berkalikali sedot, wadah murah ato lalin2 sob nih jenis septi tank yang beredar dimasyarakat kite

1. Septic tank konvensional
Septic tank model ini menampung dan mengendapkan limbah dan membiarkannya terurai oleh bakteri, cairan hasil akhir dari tanki ini akan diendapkan ke tanah melalui resapan khusus. Secara berkala septic tank ini akan penuh dan harus disedot.

2. Septic tank biologis

Pada septic tank biologis, limbah akan terurai sampai aman untuk dimanfaatkan kembali, hingga tidak perlu disedot lagi. Saat ini ada beberapa jenis septic tank biologis yang telah beredar di pasaran, diantaranya:

a. Septic tank berbahan fiberglass





Septic tank jenis ini terdiri dari 3 bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Air limbah yang masuk ke septic tank ini akan masuk di bagian pertama, kemudian disaring dan dialirkan ke bagian ke dua, pada bagian kedua limbah diurai oleh bakteri dan dialirkan ke kotak ke tiga untuk diurai lebih lanjut. Sisa penguraian dari bagian ke tiga akan dialirkan ke luar menuju saluran drainase umum setelah melalui tabung disinfektan yang mensucihamakan limbah hingga aman.

b. Septic tank berbahan beton

 
Septic tank jenis ini terbuat dari beton yang juga terdiri 3 bagian, tapi dengan proses yang sedikit berbeda dengan septic tank berbahan fiber glass. Pada septic tank jenis ini, limbah yang masuk di bagian pertama akan disaring untuk memisahkan kotoran dengan tissue. Limbah dari bagian pertama lalu dialirkan ke bagian ke dua untuk diproses oleh mikroorganisme yang memakan limbah tersebut dan mengolahnya menjadi cairan. Limbah yang sudah berubah menjadi cairan di bagian ke dua akan dialirkan ke bagian ke tiga untuk diendapkan kemudian diresapkan ke dalam tanah dan dialirkan ke sistem drainase kota.
Diskusikan dan pilihlah jenis septic tank yang paling sesuai dengan kebutuhan, sistem saluran air, dan peraturan yang di lingkungan rumah dengan kontraktor Anda.

nah janganlupa biar septic tank tidak mudah penuh dan mampat perlu diperhatikan hal- hal berikut sob:

1. Kemiringan pipa. Kemiringan menentukan lancar tidaknya aliran tinja dari closet ke bak penampungan kotoran. Agar mengalir lancar, kemiringanpipa minimal 2%, artinya setiap 100 cm terdapat perberdaan ketinggian 2 cm.

2. Pipa saluran yang tepat. Pipa saluran berupa PVC. Ukuran minimal adalah 4 inci. Sedang rumah yang mempunyai banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut rentan mampat. Sedangkan pipa saluran dari bak pertama ke bak kedua mengunakan sambungan Tee. Hal ini supaya limbah yang mengalir dari bak pertama hanya limbah cair saja . jadi fungsi resapan akan lebih baik

3. Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan. Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5m X 1,5 x 2m sedang bak resapan bisa dibuat dengan ukuran 1m x 1m x 2 m. semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.
4. Bak harus kuat kedap air. Dinding dasar dan penutup bak pertama harus kedap air agar limbah tidak mencemari lingkungan. Dianjurkan mengunakan cor namun bila ini memberatkan bias diganti PC 1:3.

5. Pipa Udara. Pipa ini berfungsi membuang gas yang dihasilkan oleh limbah tinja. Karena bila gas tidak bisa keluar maka limbah tidak akan bisa masuk karena terdorong gas dari dalam dan septic tank akan terasa penuh padahal belum.

6. Ketinggian Closet terhadap Septic tank. Hal ini sangat berpengaruh terhadap dorongan air+ tinja mengalir ke dalam septic tank, dan mempengaruri kelancaran pipa saluran antara closet dan septic tank. bila rumah anda berada didataran rendah atau bekas sawah hal ini sangat penting, mengingat tanah bekas persawahan banyak mengadung air sehingga resapan air tanahnya relatif lambat. semakin tinggi jarak antara closet dan septic tank semakin baik

gimana jelas ga artikelnya?
kalo jelas kasih bantuan dong sob buat pengembangan lebih lanjut..gimanaa?
gampang kok lo tinggal klik aja iklan dipojok kiri dan kolom e-klik sob dan baca2 aja seolah lu mau daftar..oke bray


1 comments so far

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon